Friday, December 27, 2013

Resep MPASI : Puree Ubi Kuning + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Ubi adalah satu satunya menu yang ditentang sana sini untuk dikasih ke Affan. Mungkin pikirannya, ih kok tega banget ngasih ubi, Mommynya aja jarang makan ubi. Lah, tegaan mana sama ngasih makanan instan kaya M**na dan teman teman? *ditoyor konsumen m**na. Ubi kan enaak, manis pula. Ubi ini mengandung karbohidrat, beta karoten, vitamin D, vitamin E dan vitamin B. Untuk ubi ini gue akan kenalin 2 varian ubi dan untuk yang pertama ini gue pake ubi cilembu karena terkenal manis dan enyaaak.

Bahan :

  1. 50 gram ubi Cilembu, kupas, cuci, potong potong dadu (gue bikin sekitar 300gr untuk Affan 2x makan)
  2. ASIP / Sufor secukupnya
Cara membuat :
  1. Kukus ubi dalam dandang panas hingga lunak. Angkat.
  2. Haluskan ubi dengan 100 ml air bekas kukusan (mateng loh yaa kan udah mendidih)
  3. Tambah ASIP atau Sufor sampai mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan.
Affan suka? Enggak.
Karena gue bikin terlalu liat kayanya jadi agak seret di tenggorokan dia. Next time gue harus berhasiiiiil. Coba lagi dan lagi biar anaknya ga picky eater. Semangaaaat!


Love,

Continue Reading

Resep MPASI : Puree Alpukat + ASIP/Sufor

Assalamualaikum,

Alpukat time. Semangat banget ngasih buah ini karena buah ini bagus banget kandungan gizinya. Alpukat mengandung banyak lemak tidak jenuh sehingga dapat memberi manfaat kesehatan yang optimal bagi tubuh. Alpukat juga banyak mengandung vitamin C, E, dan B serta mineral, zat besi, dan kalium. Nah, jadi si alpukat ini katanya penting banget dalam membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia gizi. Dan berbeda dari buah buah lainnya, alpukat ini hampir tidak mengandung pati, sedikit mengandung gula buah, tapi berlimpah serat. Hmmmmm super!

Bahan :

  1. 50 gr buah alpukat mentega, kerok dagingnya (Hint: Jangan kerok sampe terlalu deket kulit karena bisa pahit alpukatnya)
  2. Air matang secukupnya
  3. 100 ml ASI / Sufor
Cara membuat :
  1. Haluskan alpukat bersama air matang dengan blender. Tuang kedalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan ASI atau susu formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Sajikan segera

Affan suka bangeeeet! Yeay emang deh ya buah ini juara banget enaknya even ga pake susu kental manis atau gula pasir. Puree Alpukat aja Affan suka, dipakein beras coklat pun lahap. Alhamdulillah :)


Love,

Continue Reading

Resep MPASI : Puree Kabocha + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Perkenalan berikutnya adalah dengan kabocha. Kabocha itu apa yaa, labu kuning. Kabocha ini mengandung beta karoten, vitamin C, kalium dan mengandung serat dalam jumlah tinggi. Jadi bagus banget buat pencernaan. Kandungan lemak pada kabocha juga rendah.

Bahan :
  1. 100 gr kabocha, kupas, cuci bersih, potong dadu
  2. ASIP/Sufor
Cara membuat :
  1. Kukus potongan labu kuning dalam dandang panas hingga lunak.
  2. Haluskan dengan blender
  3. Campur ASIP atau Sufor sampai mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan

Hari pertama Affan makan puree kabocha ini sama reaksinya kaya pas dia makan ubi. Mungkin karena warna, tekstur dan baunya mirip. Jadilah dia ogah ogahan. Hari berikutnya Mommy ga patah arang. Kabocha nya gue campur apel. Daaaan baru dia lahap. Yihaaaa. Emang yaa harus pinter puter otak kalo ngasih makan anak. Hihi. Syemangaaaaaat!

Love,

Continue Reading

Resep MPASI : Bubur Oat + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Serealia ketiga yang gue perkenalkan sama Affan adalah Oat. Untuk Oat ini gue pake merk Quaker Oat yang biru. Bukan yang merah karena yang merah itu instan tinggal seduh aja pake air panas. Biar gampang, gue giling dulu oat ini baru dimasukin Lock n Lock jadi tiap kali mau masak tinggal sendok aja.

Bahan :

  1. 1,5 sdm tepung oat
  2. 1 gelas belimbing air matang (kurang lebih 100-150 ml)
  3. ASIP/Sufor
Cara membuat :

  1. Sebelum dimasak dengan kompor, campurkan 1,5 sdm tepung oat dengan air matang lalu aduk sampai larut.
  2. Masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan mendidih.
  3. Tunggu hingga dingin, tuang kedalam mangkuk dan atur kekentalannya dengan sufor atau ASIP. 

Biasanya Affan makan oat ini ga pake sufor lagi karena biasanya gue campur buah kaya pisang, apel atau pir. Affan jauh lebih suka oat dibanding tepung gasol, mungkin karena oat ini masih ada tekstur kasarnya jadi dia bisa kunyah kunyah.

Love,
Continue Reading

Resep MPASI : Puree Apel + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Next fruit is Apel. Apel itu sarat gizi banget, terutama vitamin dan mineralnya. Apel juga kaya akan pektin, sejenis serat yang bersifat larut dalam air dan berbentuk gel. Pektin ini menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak pup, serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus. Apel yang biasa dipake untuk makanan bayi itu apel royal gala dan apel red delicious. Survey membuktikan kebanyakan baby sukanya sama si red delicious ini karena lebih manis.


Bahan :

  1. 1 buah apel (100 gr) buah apel, kupas, buang tengahnya
Cara membuat :

  1. Kukus apel dalam dandang panas hingga lunak kurang lebih 6 menit
  2. Haluskan apel dengan blender
  3. Sajikan segera

Dan yeaaay Affan doyan apel. Biasanya Affan makan apel ini bareng oat dan dia lahap banget. Seneng maksimal kalo anak doyan makanan yang kita buat. Alhamdulillaaaaah :)


Love,
Continue Reading

Monday, December 23, 2013

Resep MPASI : Puree Pepaya + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Buah selanjutnya adalaaaah PEPAYA! Agak galau juga ngasih ini karena katanya selain buah ini bagus untuk pencernaan tapi kalo yang gak cocok bisa bikin sembelit. Pepaya banyak mengandung beta karoten, vitamin C, folat, kalium dan serat. Pepaya ini juga mengandung enzim papain yang membantu mengurai protein dan mengurangi produksi lendir, termasuk lendir yang menyumbat hidung saat anak kita pilek. So let's give it a try! ;)

Bahan :

  1. 50 gram pepaya (gue pake pepaya California dan gak tau tepatnya berapa gram)
  2. ASIP / Sufor
Cara membuat :
  1. Kupas kulit pepaya, buang bijinya, cuci dengan air matang hangat
  2. Potong potong pepaya dan haluskan dengan blender.
  3. Kalau mau bisa diatur kekentalannya dengan asip atau sufor. Gue sih gak dipakein sufor lagi, karena pepaya udah enak ya (menurut gue) dan biar Affan tau cita rasa aslinya
Reaksi Affan alhamdulillah suka walau ga selahap pear. Kemarin Affan makan puree ini bareng oat atau gasol. Dan alhamdulillah Affan ga ada indikasi alergi sama menu ini, ga sembelit, ga mencret juga.

Love,

Continue Reading

Resep MPASI : Puree Pear + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Buah kedua yang dicicipin Affan adalah pear. Agak ragu karena Mommynya gak suka banget sama pear, tapi yaa gak mau dong anaknya picky eater kaya Mommynya? Pear juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi dan pear ini juga mengandung pektin.

Bahan :

  1. 100 gr pear Xiang Lie, cuci bersih (kalo gue pake satu buah pear langsung untuk sekali makan ga tau ya berapa gram)
  2. ASIP / Sufor
Cara membuat :
  1. Potong potong pir, buang bijinya.
  2. Kukus selama kurang lebih 3-5 menit hingga daging pear lunak dan lembut.
  3. Angkat, kupas kulitnya dan haluskan dengan blender atau garpu.
  4. Kalau mau, bisa tuangkan ASIP atau susu formula sampai tingkat kekentalan yang diinginkan. Kalo gue kemaren gak dicampur sufor lagi jadi langsung sajikan aja puree pearnya.
Surprisingly, Affan sukaaaaaaa banget. Dikasih hampir 400 ml abis yeyeyeye. Ketemu akhirnya satu buah yang dia suka. Mau dicampur gasol, dicampur oat tetep lahap. Dan gak ada tanda tanda alergi.  YEAY! Mommynya makin semangat ngasih MPASI rumahan kalo gini. Cheers!

Love,

Continue Reading

Sunday, December 22, 2013

Mother's Day Today

Assalamualaikum,

22 Desember 2013.
Salah satu tanggal yang membahagiakan di 2013 untuk gue. Hari ini adalah hari ibu yang pertama buat gue. Sounds pretty amazing for me. Walaupun Affan belum bisa ngucapin ke gue Selamat Hari Ibu, tapi ya inilah perbedaannya dulu dan sekarang. Dulu tiap Hari Ibu gue semangat banget ngucapin ke Mama. Dan sekarang gue tetep semangat ngucapin ke Mama, tapi sekarang gue lebih excited lagi karena gue bisa ngerasain Hari Ibu ini juga. Gue tau bagaimana susah payahnya membesarkan anak walau yang gue tau mungkin hanya sepersekian persennya dan masih ga ada apa apanya sama apa yang dilakuin Mama.

Lalu bagaimana gue selama ini menjadi seorang ibu?
Gue gak pernah bilang gue ini Ibu paling baik sedunia atau Ibu yang paling bener diseantero jagad. Gue ibu yang biasa biasa aja sih kayanya. Sama aja kaya ibu ibu lain yang sayang banget sama anaknya, pengen yang paling baik buat anaknya. Gue bisa dibilang masih belajar menjadi Ibu yang baik. As a human, ya gue banyak kurangnya juga. Kadang kalo gue lagi capek banget, ya ngeluh juga. Malu sendiri sih ya, kok masih ngeluh. Tapi sampe detik ini gue masih usaha banget buat jadi Ibu yang lebih baik lagi untuk Affan dan anak anak gue nantinya.

Setiap 22 Desember gue selalu inget Mama gue. Selalu inget perjuangan, sikap, sifat, kasih sayang, perhatian, ajaran, didikan, nasihat, pengorbanan beliau. Kebayang bagaimana beliau merawat dan membesarkan gue. Mama adalah sosok yang selalu membanggakan buat gue. Mama itu center attention hidup gue. SELALU. Dari sini lah gue akhirnya mikir. Sebagai seorang anak, gue sangat membanggakan Mama gue. Dan sebagai seorang Ibu sekarang, gue bertanya tanya dalam hati, kira kira kalo anak anak gue dewasa nantinya, apakah mereka akan membanggakan gue juga, apakah mereka akan ngucapin Happy Mother's Day, meluk dan nyium pipi gue juga?

PR besar buat gue sekarang adalah bagaimana menjadi Mommy yang baik untuk Affan dan adik adiknya (Insya Allah) nanti. Gue juga pengen one day mereka bangga punya Mommy kaya gue, sebagaimana gue bangga akan Mama gue sendiri. That's why gue terus belajar dan belajar. Banyak sharing, banyak baca, banyak googling, banyak melihat, banyak mendengarkan segala hal tentang parenting dan motherhood. Jadi ibu itu belajar tanpa akhir. Dan Affan, Mommy akan terus belajar. I promise.

Selamat Hari Ibu Mama, terima kasih dan terima kasih untuk semuanya. I LOVE YOU. Dan Affan, Mother's Day ini hanya symbolize. Tanpa Mother's Day cinta dan kasih sayang Mommy gak akan berubah sedikitpun.



HAPPY MOTHER'S DAY, MOTHERS! Let's be the best always for our children and family.

Hugs,
Continue Reading

Friday, December 20, 2013

Resep MPASI : Puree Pisang + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Alhamdulillah Affan udah lulus tes alergi untuk serealia yaitu beras coklat dan sereal 5 grains nya Gasol. Tinggal ngenalin Oat dan sekarang saatnya memperkenalkan buah ke Affan. Buah yang pertama gue pilih untuk Affan adalah pisang. Pertimbangannya ya pisang manis dan umum aja untuk dikenalkan ke bayi. Pisang ini juga kaya karbohidrat dalam bentuk pati dan gula. Selain itu, pisang mengandung cukup banyak vitamin A, serta sedikit vitamin B1 dan C. Kandungan mineral paling menonjol pada pisang adalah kalium atau potasium. Pisang yang bisa dikasih ke bayi diantaranya pisang ambon, pisang kepok, pisang raja, pisang ambon lumut, pisang barangan atau pisang cavendish masam Sunpride. Kali ini gue memilih pisang Ambon, ya gue milih yang aman aja deh pisang Ambon kan sudah pasti manis dan ga ada asem asemnya sedikitpun.

Bahan :

  1. 1 buah pisang Ambon
  2. ASIP / Sufor
Cara membuat :
  1. Kerok pisang dengan sendok sampai ketengahnya (Bagian tengah pisang ga gue pake karena banyak yang bilang bisa bikin sembelit. Ya gak tau bener apa enggaknya cuma ya mencegah aja)
  2. Encerkan dengan ASIP / Sufor sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Untuk pisang ini lebih baik sih ga distorage di kulkas ya mengingat pisang cepet banget jadi item. Jadi mendingan fresh aja ketika mau makan baru kita bikin. 




Reaksi Affan pas makan ini pertama kali adalah dia ngeluarin ekspresi mau muntah tapi tetep setengah mangkok hampir habis. Besokannya makan ini lagi baru mukanya biasa lagi, gak hoek hoek lagi. Alhamdulillah Affan tidak menunjukkan tanda alergi pas makan ini. Pup juga lancar jaya ga ada sembelit. Kedepannya berarti aman deh si pisang ini untuk dicombine sama bubur Gasol atau oat.


Love,
Continue Reading

Tuesday, December 17, 2013

Resep MPASI : Bubur 5 Grains + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Dan makanan kedua Affan adalah Bubur 5 Grains. Kenapa milih ini? Emmm kenapa yaa, pengen aja karena sebenernya gue menghindari beras merah dan beras merah wangi karena takut Affan sembelit. Jadi setelah pilah pilih varian tepung Gasol, jatuhlah pilihan tepung 5 Grains ini. Setelah diteliti, varian Gasol yang ini kandungan kalori dan gizinya lebih banyak dari yang beras coklat. Ya mungkin karena si 5 Grains ini terdiri dari 5 jenis padi padian, kalo gak salah sih kacang hijau, kacang merah, beras coklat utuh, beras merah utuh dan sorghum utuh.

Bahan :

  1. 1 sdm tepung gasol 5 grains
  2. 1 gelas belimbing air matang (kurang lebih 100ml)
  3. ASIP / Sufor
Cara membuat : 
  1. Sebelum dimasak dengan kompor, campurkan 1 sdm tepung gasol dengan air matang lalu aduk sampai larut.
  2. Masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan mendidih.
  3. Tunggu hingga dingin, tuang kedalam mangkuk dan atur kekentalannya dengan sufor atau ASIP.

Pas udah jadi ini bubur baunya enaaaaak banget, kaya wangi isinya mochi gitu. Dan Affan sukaaa. Lumayan lahap makannya. Dan alhamdulillah ga ada tanda alergi juga..

See you,
Continue Reading

Friday, December 13, 2013

Resep MPASI : Bubur Beras Coklat + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Bubur Beras Coklat ini adalah makanan pertama Affan untuk MPASI nya. Memilih beras coklat karena Affan punya riwayat alergi jadi akan lebih baik jika diawali dengan serealia dulu.


Bahan :

  1. 1 sdm tepung gasol beras coklat
  2. 1 gelas belimbing air matang (kurang lebih 100ml)
  3. ASIP / Sufor 
Cara membuat :
  1. Sebelum dimasak dengan kompor, campurkan 1 sdm tepung gasol dengan air matang lalu aduk sampai larut.
  2. Masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan mendidih.
  3. Tunggu hingga dingin, tuang kedalam mangkuk dan atur kekentalannya dengan sufor atau ASIP.
Hari pertama Affan cuma makan setengah porsi dari resep diatas dan hari kedua dia habis tanpa sisa. Tapi Affan masih 2x makan sih, ga langsung habis sekaligus :) Kalo untuk dimakan lagi, lebih baik dipisahin buburnya sebelum dikasih susu atau ASIP untuk menghindari asam atau basi dari ASIP atau susu formula. Alhamdulillah Affan tidak menunjukkan tanda alergi pas nyobain menu ini.


Affan, doain Mommy yaa biar bisa nyediain Affan makanan rumahan terus tanpa biskuit biskuit bayi berpengawet dan bubur bubur instan diluar sana. Semangaaaaaat!


Love,

Continue Reading

Affan-ography : 6 mos

Assalamualaikuuum,
Woohooo! Happy 6 months old, Little Man!
Alhamdulillah Affan sudah 6 bulan sekarang. Sudah setengah tahun, sudah semakin besar. Makin aktif, makin gak bisa diem. Pinteeeeeeeeeeeeer.

Kemajuannya sekarang hmmm apa yaa. Oh iya, Affan sudah makin pinter duduknya. Awal awal sering goyah, tapi sekarang hampir udah bisa lama duduknya tergantung kehebohan dia sih sebenernya. Kalo dia lagi heboh yaa merosot deh itu duduk. Tapi kalo emang lagi anteng pengen duduk dan tangannya megang sesuatu, bisalah dia duduk lama lama.


Lainnya adalah dia udah makin gape bolak balik tengkurep dan guling guling dikasur. Mommy nya jadi harus ngikutin dia tidur kesana kemari sampe Ayahnya ga kebagian. Affan juga sekarang udah bisa ambil benda benda yang kecil dan tipis kaya cotton buds, tissu dan kertas selembar. 

Teruus, Affan udah bisa ngomong "Heeeeeyeyeyey" .. Aaaaa pertama denger masya Allah lucunyaaaa :*

Hmmm lalu lalu, oh yaa kakinya udah kuat banget berdiri. Seneng banget kalo didiriin pasti senyum senyum :* Dan yaaah sekarang Affan tiap gue jalan kerja mukanya merengut dong. Untungnya sih ga nangis, karena kalo nangis, haaa Mommy ganti baju aja lagi deh ahahaha.

New thing is, dia udah mulai makan sejak 3 hari lalu. Mulai dibiasakan makan tertib duduk di high chair. Mulai dibiasain minum langsung dari gelas. Gue justru belum nyobain spouts karena simpelan langsung dari gelas nampaknya hehe.

Oh yaa dan satu lagi adalah gigi. Gigi Affan lamaaa banget muncul deh padahal udah keliatan nyembul nyembul bagian atas giginya. Tapi masih ketutup gusi permukaannya. Kalo digigit luar biasaaaa sakitnya :(

Alhamdulillah ya Nak, sudah 6 bulan sudah MPASI sekarang. Mommy janji deeh ga bakalan ngasih Affan makanan makanan yang dijual dirumah demi ngasih Affan MPASI Rumahan. Semoga kita bisa yaah, dan semoga Affan lahap terus makannya. Sehat selalu dan semakin pinter ya Affan Aimar! 





Smooches,
Continue Reading

Happy Wedding, Nopi!





Assalamualaikum,

Another wedding this December! Piala berpindah kembali. Happy wedding Nopi dan Mando!
Semoga kelak menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah. Hidup bahagia selalu dunia akhirat. We love you so much, Nop!

We're red this time!

My outfit of the day!


Complete team


Me and husband :)


Kisses,
Continue Reading

Tuesday, December 10, 2013

MPASI Perdana Affan

Assaalamualaikum,

Yeay! 10 Desember ini tanggal yang gue tunggu tunggu. Karena gue udah ngejadwalin Affan akan mulai makan per 10 Desember ini. Padahal sih harusnya tanggal 13 Desember besok yaa tapi berhubung Mommynya gak sabaran jadi yaa gapapa kali ya 3 hari maju ehehehe toh dilihat Affan sudah menunjukkan sinyal sinyal siap makan (duduk tegak, terlihat lapar dan mulut selalu ngunyah tiap liat orang makan).

Menu dan jadwal sudah disiapkan, akhirnya pagi ini sebelum berangkat kantor sekitar jam 7 pagi, Affan resmi memulai makanan padat pertamanya. Apa menu utamanya? Gasol Beras Coklat + Susu Formula. Sempet deg degan takut dia ga mau makan. Tapi alhamdulillah dia mangap mangap terus walau keningnya mengernyit tiap makanan masuk kemulutnya. Mungkin karena Gasol ini hambar dan mungkin banget adalah karena dia tidak terbiasa menelan apapun kecuali air susu.

Gue buat gasol dengan komposisi 1 sdm gasol dilarutkan dan dimasak dengan 100ml air matang. Setelah itu diencerkan dengan larutan sufor dan yaaa gue kurang tau berapa ml sufor nya mungkin kurang lebih 30-40 ml deh ya. Sampai mencapai tekstur yang kita inginkan aja pokoknya. 1 sdm gasol itu jadinya banyak banget, semangkok kecil Pigeon hampir penuh. Alhamdulillah Affan habis setengah mangkok yeaaaay. Gapapa cukup lah yaa untuk permulaan karena yang gue baca di buku dr. Tiwi, saat makan pertama, biasanya bayi makan 1-3 sdt dan Affan sudah lebih banget dari itu.

Seneeeeeeng banget ngeliat Affan makan. Dia riang banget, gak nangis, gak bete dan suasana makan alhamdulillah fun seperti yang sudah seharusnya. Ini beberapa foto kehebohan makan perdana Affan. Anaknya heboh mau nyuap, mau megang mangkok, Yang nyuapin juga heboh. Apalagi yang nonton hehehe.



Semoga kedepannya lahap terus yah Nak!


Love,

Continue Reading

Friday, November 15, 2013

Something You Should Know, my Little Man..



Dear Affan,


Mungkin one day Affan bakal liat selembar kertas kaya gitu. Dan Mommy cuma mau bilang, maaf, maaf, maaf, maaf dan maaf yang sebesar-besarnya karena kamu ga punya sertifikat seperti itu, seperti temen temen Affan lain pada umumnya. Sertifikat itu diberikan untuk bayi bayi yang disusui ibunya hanya dengan ASI saja Bang. Affan pasti tau kan, Affan minum susu formula lebih banyak dari minum ASInya Mommy. 

Kenapa?

Satu hal yang harus Affan tau, kalo Mommy pun sebenernya pengeeen banget nyusuin Affan secara penuh enam bulan. Tapi yaaa, Affan harus bisa nerima kenyataan ya Nak. Maafin Mommy atas keadaan Mommy (inverted nipple) yang kaya gini, jadi kamu susah nyusu langsung. Dan Mommy gak nyalahin Affan kok karena Affan ga bisa nyusu langsung dengan kondisi Mommy begini. Mommy juga gak maksa kamu bisa. Mommy gak pernah ngebanding-bandingin kamu sama bayi bayi lain yang tetap bisa menyusu langsung walau kondisi ibunya kaya Mommy juga. Mommy selalu mikir, ini bukan salah Affan dan bukan sepenuhnya salah Mommy walau banyak orang beranggapan ini sepenuhnya salah Mommy. One thing we should know, little kid. There is someone out there, has a bigger control for our life. Mommy lebih nganggep hal ini sebagai jalan yang ditulis Allah buat kita berdua. Dan Mommy mau someday Affan bisa ngerti kenapa dan bagaimana bisa Mommy gak nyusuin Affan secara penuh 6 bulan. 

Another thing you should know, Affan. Mommy's keep on trying. Trust me. Bahkan sebelum Affan lahir, Mommy prepared everything. Breastpump sampe dua, buku tentang menyusui, cooler bag, botol botol kaca, dan perlengkapan lain untuk bisa menyusui Affan sampe 6 bulan. Tapi ya itu, gak semuanya yang kita rencanain bisa gampang dilaksanain. Ternyata menyusui itu, pretty hard for us.

And, i'm really really sorry for giving you formula. Affan harus tau lagi, Mommy memutuskan untuk ngasih Affan susu formula juga pada akhirnya, karena sedemikian besar Mommy sayang sama Affan. Mommy adalah orang yang keras kepala, tapi Mommy gak akan keras kepala untuk maksa nyusuin kamu secara eksklusif kalo nantinya mengorbankan pertumbuhan kamu. Mommy bukan tipe ibu yang prinsipil harus ASI Eksklusif tapi berat badan anaknya terseok seok diluar Growth Chart. Dan lagi lagi Mommy gak sekalipun pernah nyalahin Affan karena produksi ASI Mommy lama lama berkurang karena Affan gak mau nyusu langsung sama Mommy.

Affan bahkan belum setengah tahun. Tapi Affan harus bisa maafin orang orang yang menganggap bayi minum formula itu anak sapi. Trust me again, sweetie. Kamu lahir dari rahim Mommy. Dan susu yang Mommy kasih ke kamu bukan racun atau sesuatu yang haram di mata Allah. Jadi satu lagi yang Affan harus belajar, adalah bahwa omongan dan penilaian orang lain itu gak penting, karena yang berhak menilai kita cuma satu. Yang nyiptain kita. Affan juga harus maafin mereka yang menilai Mommy buang buang uang untuk beli sufor, karena kamu gak perlu tau berapa banyak uang yang Ayah Mommy keluarin buat susu Affan, berapa juta pun sebulan, Mommy selalu ikhlas ngeluarin uang buat Affan. Kita sama sama berdoa buat orang orang yang mencemooh Mommy dan Affan, supaya ASI mereka cukup untuk anak mereka. Karena back again Affan, Allah menuliskan kaya gini untuk kita karena Allah yakin kita bisa.

Terus, apa Mommy iri? Apa Mommy kecil hati? I did. Awalnya Mommy iri dan kecil hati sama mereka yang produksi ASInya melimpah ruah sampe kulkasnya penuh. Tapi pada akhirnya, iri ya sebatas iri. Mommy is back again with the reality. Mommy kembali berpikir lagi, ya udah ditulis kaya gini sama Allah. Kalo ini diibaratkan cobaan, Mommy yakin Allah has already prepared the solution for us dan Allah gave this, because Allah knows we can through this. Dan iri Mommy hilang dengan sendirinya begitu liat kamu secerdas dan seaktif ini. 

Lalu haruskah Affan iri dan kecil hati juga? Please you don't have to.
Affan gak perlu iri sama mereka yang punya kertas kaya diatas. Dan Mommy ga akan bohongin kamu dengan tetep bikin sertifikat itu. Toh Affan sama aja sama yang lain. Affan sakit, mereka juga sakit. Affan bisa tengkurep juga. Affan bahkan udah mulai bisa duduk di high chair walau sedikit goyah di usia 5 bulan kurang. Mereka yang ASIX bahkan banyak yang belum bisa duduk tegak sampe diatas 6 bulan.



All you have to do is just enjoying your childhood. Yang penting tumbuh kembang Affan bagus. Ga terhambat. Dan sebentar lagi Affan makan. Trust me, i won't stop trying for giving you all the best. 

I LOVE YOU NO WORDS CAN SAY.

Your teary Mommy,
Continue Reading

Thursday, November 14, 2013

Persiapan MPASI Affan

Assalamualaikum semuanyaaaaaah,

Sudah bulan November berarti sebulanan lagi Affan mulai makan MPASU! MPASU dong yaaa kan campur sufor :P Ngomong ngomong MPASU/MPASI ini, sebenernya gue udah terlalu banyak baca dan (alhamdulillah) cukup banyak tau prinsip prinsip dasarnya secara dari sebelum lahira pun gue udah curious banget nanya ini ke temen temen yang anaknya udah makan plus mantengin forum di TUM dan blogwalking kemana mana. Dan apa yang didapat?? Selain ilmu, pusing tentunya hahahaha. 

Selain nyari info dari temen dan dunia maya, one day gue ikut kelas persiapan MPASI dengan pembicara dr. Tiwi. Dan yang gue inget dari kelas kemarin diantaranya adalah :

  • MPASI sebaiknya dimulai usia 6 bulan, tapi kalo ada satu dan lain hal bisa dimulai lebih cepat dengan syarat memperhatikan kesiapan anak baik secara fisik maupun psikologis. Kesiapan fisik contohnya adalah : memiliki refleks mengunyah kalo liat orang makan, dapat menahan kepala dengan tegak, dapat duduk dengan bantuan. Kalo kesiapan psikologis contohnya kaya bayi menunjukkan minat terhadap makanan, membuka mulut jika diberikan sendok, dan menunjukkan tanda lapar.
  • MPASI bukan sekedar ngisi perut anak biar kenyang atau gemuk. Tujuan MPASI ada 3 yaitu pemenuhan kebutuhan zat gizi anak untuk tumbuh kembang dan aktivitas, sebagai pendidikan keterampilan makan dan disiplin, serta tujuan berinteraksi orang tua dengan anak .
  • Mulailah MPASI dengan serealia jika anak ada riwayat alergi, karena serelia paling rendah resiko alerginya.
  • Makanlah sambil duduk. Jangan digendong kain, sambil mainan atau sambil nonton. Biarin anaknya fokus dan menikmati proses makannya
  • Jangan pernah maksa anak untuk ngabisin makanannya. Kalo udah nangis, berhenti ngasih makan untuk menghindari trauma pada anak.
  • Kasih batas maksimal makan anak hanya 30 menit. 30 menit belum selesai? Tetep udahan.
  • Makan malam maksimal jam 6 sore. Diatas jam 6 sore sebaiknya hanya minum susu atau ASI aja.
  • Berhubung Affan ada riwayat alergi, jadi tetep ikut rules 3 hari makanan yang sama buat tau apakah Affan alergi terhadap bahan makanan tertentu
  • Jangan takut anak ga mau makan, ngunci mulut atau ngemut. Karena semua anak akan mengalami masa kaya gini entah pada bulan keberapa dia makan
  • Jangan ngasih tambahan gula, garam atau madu pada anak sebelum usia 1 tahun. Tapi kata dr. Tiwi kalo nantinya ada kendala kaya anak ga mau makan, gula garam dlm batas wajar aman diberikan pada usia 9 bulan keatas.
  • Sebaiknya makan dilakukan saat perut kosong, biasanya setelah mandi atau bangun tidur pagi
  • Anak tidak perlu makan banyak di awal MPASI, karena pada bayi usia 6 bulan kebutuhan MPASInya hanya 20-35%, sedangkan kebutuhan ASInya 65-80%
Lalu?? Errr lupa yang inget itu aja ahahahaha. Dan insya ALLAH Affan siap karena mulutnya udah mulai ngunyah ngunyah kalo liat orang makan dan kalo disodorin sendok, dia buka mulutnya. Lucuuu. Nah insya Allah Affan siap, insya Allah gue udah siap juga. Prinsip dasar udah di otak, menu udah disusun, peralatan udah dibeli dan metode udah dipilih. Nah dari semua kesiapan itu, yang paling enak emang bagian hunting peralatan MPASI nya hahaha. Alhamdulillah gue udah 90% menyelesaikan perburuan ini. Dan ini yang udah gue siapin buat MPASI nya Affan :

- Hand Blender + Chopper Kris (Ace Hardware, Rp. 298,000)


- High Chair : Tobby Chair (Informa, Rp. 329,000)



- 2 buku MPASI : Sehat Lezat oleh dr. Tiwi dan Kumpulan Resep MPASI Harian oleh Budi Sutomo


- Pigeon Home Baby Food Maker (dapet grateeeis dari kado, harga sekitar Rp. 200,000 - Rp. 250,000)



- Puku Nursery Container (dapet kado juga, harga sekitar Rp. 160,000 - Rp. 180,000)


- Feeding Set Pigeon, lengkap dengan training cupnya (alhamdulillah punya dua dan dua duanya kado, harga sekitar Rp. 100,000 - Rp. 140,000)


- 5 wadah Lock and Lock 100 ml (Giant, @ Rp. 18,000/pcs)
2 wadah Biokips 240 ml (Ace Hardware, @ Rp. 24,000/pcs)
1 wadah Lock and Lock 480 ml sekat dua (Giant, Rp. 48,000)


- Avent Travel Feeding Set (blibli.com, Rp. 159,000)
Tommee Tippee Twin Taste Yellow (tororo.com, Rp. 65,000)
Tommee Tippee Easy Scoop Feeding Bowl (bilna.com, Rp. 100,000)


- 2 buah pisau (Giant, Rp. 18,000)

1 parutan keju stainless (Giant, Rp. 8,900)


- 2 buah talenan Claris, (Giant, @ Rp. 22,990/pcs)


- Panci kukusan kecil (Pasar Kramat Jati, Rp. 30,000)


- Panci Stainless kecil (gratis dikasih Mama)

- 2 ice cube tray dengan tutup (Giant, @ Rp. 14,900/pcs)


- Wadah kukus stainless (belom beli)
- Container besar untuk panci (belom beli)
- Tupperware utk oat halus dan daging (belom beli)
Naaah yang belom dibeli ini niiiih, nanti aja deh pas Affan 7 bulan baru dibeli : 

- Takahi

- Lunch Jar Shuma



- Kompor Listrik buat pergi pergi


Gimanaaaa?? Banyak ya buibuuuu?? Hahahaha gapapa deh demi tekad saya MPASI Rumahan dan no instant food *alasaaaaan*

Bang Affaaan, semoga makanmu lancar yaaa, yang pinter ya Nak.. Mommy mengusahakan yang terbaik buat kamu, I SWEAR!



Love
Continue Reading