Tuesday, February 01, 2022

Bangkok Trip 2020

Assalamualaikum,

Yawlaaa telat banget gak sih kalau perginya 2020 tapi baru di share dua tahun kemudian? Semoga gak apa-apa ya, sekalian banget lagi kangen-kangennya pergi-pergian naik pesawat di tengah pandemi yang gak udah-udah :((

Bangkok Trip ini terjadi di awal tahun 2020. Just right before pandemic happen in Indonesia ya. Aku lupa exactly perginya tanggal berapa, tapi kayaknya sih tanggal Februari 2020 akhir. Sebenernya banyak banget pertimbangan ketika mau pergi, karena diluar negeri udah kenceng banget pemberitaan Covid-19. Ya walaupun belum masuk Indonesia ya. Secara perjalanan ini juga udah di arrange dari November 2019, jadi akhirnya kita memutuskan tetep berangkat dengan segala resiko yang ada.

Bangkok Trip ini tuh aku perginya sama temen-temen kantor, sedivisi gitu. Plannya cuma 3 hari 2 malem disana, karena perginya sedivisi, gak mungkin dong yaaa sedivisi kosong pas kita pergi. Berangkat dari Jakarta ikut first flightnya Air Asia, sungguh ku lupa dapet rate berapa wkwk. Tapi seingetku tidak terlalu mahal dan cukup affordable. Disana plannya akan nginep di hostel aja, karena budget kita ga terlalu besar untuk stay di hotel. Hotel di Bangkok ini cukup priceyyy dan kayanya kok sayang ya kalo hotelnya mahal mengingat itinerary kita juga tight bangeeeet. Jadi emang cuma butuh penginapan buat tidur malem aja. Kemarin itu kita akhirnya stay di Hattrick Hostel, hostelnya ada di area Pathum Wan District. Milih untuk stay disini karena deket banget dari berbagai pusat perbelanjaan. Dari hostel ke MBK Center cuma 1 km, ke Siam Paragon juga cuma 1,4 km aja.

Untuk akomodasi disana, tadinya sih sok-sokan mau naik bus atau MRT ya wkwk. Tapi ternyata ahh naik Grab kalo bareng-bareng juga ga begitu mahal. Daaaan cukup aman dan nyaman juga pastinya, kita cukup mudah bepergian antar lokasi, cukup klik-klik destinasi aja dan sampe tujuan. Aku pribadi kurang suka berkomunikasi dengan warga lokal karena bahasa Inggris mereka yang mostly susaaaaah banget ku pahami logatnya haha.

Akomodasi lain kaya sim card, aku beli sim card lokal via aplikasi Klook. Kayanya sekitar 200ribuan deh harganya, langsung dianter ke alamat Jakarta jadi pas sebelum boarding udah tinggal ganti sim card aja. Untuk uang sendiri, aku ga bawa Baht tunai banyak-banyak karena niatnya ga banyak-banyak belanja wkwkw. Baht juga kutuker pecahan kecil karena kayanya akan banyak transaksi di pasar buat jajan makanan haha. Kalo di mall kan gampang tinggal gesek debit card aja. Tiket masuk tempat wisata pun aku udah beli dari Jakarta, kebanyakan beli via Klook jadi disana uang udah tinggal buat belanja dan makan aja uangnya.

Day 1
Itinerary hari pertama kita tuh, landing disana jam 11 siang, langsung drop baggage di hostel, get lunch then go to the famous Wat Pho, Wat Arun, Grand Palace dan Asiatique. Makan siang pertama kita di Bangkok tuhh di restoran halal seberang hotel. Menunya sih sushi-sushian, ada nasi tim, nasi hainan, mie gitu. Harganya juga ga terlalu mahal. Setelah makan langsung cussss ke Wat Arun. Masuk ke Wat Arun itu bayar sekitar 50 THB dan untuk ke Wat Pho sekitar 100 THB. Kelar dari area wisata ini, kita ke Asiatique pake kapal seru bangettt!

Day 2
Day 2 kita dari pagi udah ke Ancient City yang lokasinya cukup jauh dari kota. Masuk ke Ancient City kalau on the spot tuh kena 500 THB. Selesai dari Ancient City, kita ke Grand Palace. Grand Palace ini masuknya juga 500 THB, dan kita beli disana karena gambling pas di Jakarta gak tau akan kekejar kesini atau engga. Selesai dari Grand Palace, muter-muter Chatuchak Weekend Market lalu ke mall cari oleh-oleh atau jastipan sampe kaki pegel banget wkwk.

Day 3
Hari ketiga juga dari pagi cuma diniatin sarapan nasi Hainan Go-Ang di Pratunam Market terus ke mall lagi belanja wkwk.

What i love the most about Bangkok is the food and the landmark. Aku surprised banget makanann disana gak ada yang gak enak. Bangunan-bangunan di tempat wisata mereka juga bagus bangeeeet. Somehow, Bangkok jauh banget ketinggalan dari Jakarta dari segi building dan tata kotanya gak rapi banget. Tapi apa ya mereka kayanya punya warga yang patuh banget mungkin karena bentuk pemerintahannya kerajaan ya. Mereka tertib banget pake masker, mau di kota, di mall, dan semua pedagang di pasar pun gaada yang turun masker.

Di Bangkok 3 hari cukup? ENGGAK. Mungkin next time kalo kesini bisa lebih difokusin lagi tujuannya. Kalo mau wisata ya wisata aja gausah campur belanja. Karenaaaaaaa wisata disana banyak bangettt dan lokasinya cukup jauh-jauh bahkan sampe Pattaya tuh jauhnya. Dan tempat belanja di Bangkok juga gak ada abisnya, kaya semua barang menarikkkk, semua market pengen dikunjungin karena ya sesurga itu emang shopping experiencenya.

Dan yaaaa itulah traveling luar negeri terakhirku. Pas banget landing di Jakarta, pas banget first case Covid-19 happened in Indonesia. Thank Godnya, bukan aku atau rombonganku yang bawa masuk ya wkwkwk.

Yuk sama-sama berdoa supaya pandemi cepet berakhir, biar bisa jalan-jalan lagi dan perjastipan hidup kembali!